Thursday, June 2, 2011

[makalah] Ketahanan Nasional


[download selengkapnya]
Latar Belakang
Indonesia adalah negara subur yang kaya akan sumber daya alam. Belum lagi letak negara Indonesia yang strategis bila dilihat dari segi perdagangan ekonomi. Wilayah yang luas dan juga penduduknya yang ramah, semua ini merupakan potensi yang dimilki oleh negara Indonesia. Namun hal ini justru menjadi ancaman bagi bangsa dan negara Indonesia. Karena sejak dulu, Indonesia menjadi incaran banyak bangsa lain.Hal ini tentunya akan menjadi ancaman bagi kelangsungan hidup bagsa dan negara. Terbukti sejak pertama kali bangsa Portugis menginjakkan kaki di tanah air Indonesia, mereka telah memiliki maksud untuk mengeruk dan menjajah kekayaan alam dan sumber daya manusia Indonesia.Dan hal ini pun terus berlanjut hingga Indonesia dijajah 2,5 abad oleh Belanda dan di lanjutkan pula 3,5 oleh Jepang.
          ...............
Tujuan
  1. Untuk mengetahui ketahanan nasional
  2. Untuk mengetahui asas - asas ketahanan nasional
  3. Untuk mengetahui sifat - sifat ketahanan nasional
Masalah
  1. Apakah ketahanan nasional itu?
  2. Apa saja asas-asas ketahanan nasional?
  3. Bagaimana sifat-sifat ketahanan nasional? 
Hakikat ketahanan nasional dan konsepsi ketahanan nasional Indonesia
  1. Hakikat ketahanan nasioanal Indonesia adalah keuletan dan ketangguhan bangsa yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional untuk dapat menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara dalam mencapai tujuan nasional.
  2. Hakikat konsepsi ketahanan nasional Indonesia adalah pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan dan keamanan secara seimbang, serasi, dan selaras dalam seluruh aspek kehidupan sosial.
Asas-asas ketahanan nasional                                                          
Asas ketahanan nasional Indonesia adalah tata laku berdasarkan nilai-nilai Pancasila, UUD 45, dan Wawasan nusantara yang terdiri dari:
  1. Asas kesejahteraan dan keamanan
Kesejahteraan dan kemanan merupakan nilai intrinsik yang ada pada sistem kehidupan nasional itu sendiri. Dalam kehidupan nasional,tingkat kesejahteraan dan keamanan nasional yang dicapai merupakan tolok ukur Ketahanan Nasional.
  1. Asan komperhensif integral
Ketahanan nasional mencakup ketahan segenap aspek kehidupan bangsa secara utuh, menyeluruh, dan terpadu (komperhensif integral). 
  1. Asas mawas diri ke dalam dan mawas diri keluar. 
a.    Mawas ke dalam
Bertujuan untuk menumbuhkan harkat, sifat, dan kondisi kehidupan nasional itu sendiri berdasarkan nilai-nilai kemandirian yang proposioanal untuk meningkatkan kualitas derajat kemandirian bangsa yang ulet dan tangguh dan tidak berarti Ketahanan nasional mengandung isolasi atau nasioanalisme sempit.
b.   Mawas ke luar
Bertujuan untuk dapat mengantisipasi dan berperan serta mengatasi dampak lingkungan srategis luar negeri dan menerima kenyataan adanya interaksi dan ketergantungan dengan dunia internasional dalam bentuk kerjasama yang menguntungkan.
c.    Asas kekeluargaan
Asas kekeluargaan mengandung keadian, kearifan, kebersamaan, kesamaan, gotong royong, tenggang rasa dan tanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat,berbangasa dan bernegara.Asas ini mengakui adanya perbedaan dan perbedaan itu harus dikembangkan secara serasi dalam hubungan kemitraan agar tidak berkembang menjadi konflik yang bersifat menghancurkan.
Sifat-sifat nasionalisme Indonesia
1.  Mandiri
Kemandirian (independency) ini merupakan prasyarat untuk menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dalam perkembangan gllibal (interdependent).
2.   Dinamis
Bersifat tidak tetap ,ketahanan dapat bersifat naik dan menurun,tergantung pada kondisi bangsa,negara serta lingkungan strategisnya.
3.   Wibawa
Keberhasilan pembinaan ketahanan  nasional Indonesia secara berlanjut dan berkesinambungan akan meningkatkan kemempuan dan kekuatan bangsa. 
4.   Kosultasi dan kerjasama
Konsepsi ketahanan nasioanal tidak mengutamakan sikap konfrontatif dan antagonis, tidak mengandalkan kekuasaan dan kekuatan fisik semata,tetapi lebih menguntungkan sikap konsultatif, kerjasama,serta saling menghargai dengan mengandalkan kekuatan moral dan kepribadian bangsa.
5. Manunggal
ketahanan nasional memiliki sifat integratif yang diartikan terwujudnya kesatuan dan perpaduan yang seimbang, serasi, dan selaras di antara seluruh aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

No comments:

Post a Comment