Thursday, June 2, 2011

[makalah] PENEMUAN KONSEP HUKUM GRAVITASI UMUM NEWTON


I. PENDAHULUAN
I.1.  Latar Belakang
            Newton adalah seorang fisikawan, matematikawan, ahli astronomi, filsuf alam, alkimiwan, dan teolog yang berasal dari Inggris. Ia merupakan ilmuwan yang sangat berpengaruh sepanjang sejarah, bahkan dikatakan sebagai bapak ilmu fisika klasik. Newton mengumpulkan konsep dari para pendahulunya seperti Copernicus, Brahe, Kepler dan Galileo sehingga mampu menghasilkan suatu hukum yang menggemparkan dunia dalam Karya bukunya PhilosophiƦ Naturalis Principia Mathematica.
                Karya bukunya PhilosophiƦ Naturalis Principia Mathematica yang diterbitkan pada tahun 1687 dianggap sebagai buku paling berpengaruh sepanjang sejarah sains. Dalam karyanya ini, Newton menjabarkan hukum gravitasi dan tiga hukum gerak yang mendominasi pandangan sains mengenai alam semesta selama tiga abad. Newton berhasil menunjukkan bahwa gerak benda di Bumi dan benda-benda luar angkasa lainnya diatur oleh sekumpulan hukum-hukum alam yang sama. Ia membuktikannya dengan menunjukkan konsistensi antara hukum gerak planet Kepler dengan teori gravitasinya. Karena begitu besarnya pengaruh dari beberapa hukum-hukum Newton salah satunya hukum Gravitasi Umum Newton. Berdasarkan penjelasan diatas maka penulis terdorong untuk membahas mengenai penemuan konsep hukum Gravitasi Umum Newton.
......
I.2. Masalah
I.2.1. Bagaimanakah Penemuan konsep Hukum Gravitasi Umum Newton ? 
I.3.3.5. Mahasiswa mampu menjelaskan penemuan konsep gravitasi Newton
I.3.3.6. Mahasiswa mampu mengetahui penentuan nilai Konstanta Gravitasi             
             Universal
I.3.3.7. Mahasiswa mampu menyebutkan bunyi Hukum Gravitasi Universal
I.3.3.8. Mahasiswa mampu menyatakan Hukum Gravitasi dalam bentuk Vektor
.....


I.3.4. Manfaat
I.3.4.1. Dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa sebagai calon guru mengenai sejarah singkat konsep gravitasi sebelum Newton dan saat Newton
I.3.4.2. Dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang Hukum Gravitasi Universal yang dinyatakan dalam bentuk vektor
II. PEMBAHASAN
            “Sebetulnya sebelum Newton mengemukakan teori gravitasi universalnya, terdapat beberapa fisikawan yang terlebih dahulu menyelidiki mengapa benda-benda langit seperti planet dapat bergerak” (Ishaq, 2007: 78) yakni ;
II.1. Konsep Gravitasi Sebelum Newton Menurut Nicholaus Copernicus
Halliday & Resnick (2001:498) mengemukakan bahwa:
Didalam abad ke enam belas Copernicus (1473-1543) mengusulkan sebuah skema berpusat surya (skema Copernicus), di dalam mana matahari berada di pusat tata surya, dan bumi bergerak mengelilingi matahri tersebut sebagai salah satu planetnya. Copernicus menunjukkan bahwa yang menjadi benda pusat dari tata surya adalah matahari dan bukan Bumi.

“ (Model ini diperdebatkan karena tidak menempatkan bumi di pusat alam semesta, yang bertentangan dengan doktrin agama pada saat itu)” (Tipler, 2000: 341).
Halliday & Resnick (2001:499) mengemukakan bahwa:
Copernicus dengan menaruh matahari di titik pusat benda-benda, telah memberikan deskripsi yang jauh lebih sederhana dan keterangan yang lebih alami mengenai sifat-sifat tertentu dari gerakan planet. Di atas segala sesuatu dia telah meletakkan dasar yang sangat diperlukan dari mana telah berkembang pandangan kita yang mutakhir mengenai tata surya.
 .....

No comments:

Post a Comment