Thursday, June 2, 2011

[makalah] Perkembangan Disiplin Peserta Didik


PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Pendidikan adalah modal utama bangsa untuk menyongsong masa depan generasi muda yang akan menggerakkan pembangunan bangsa di masa yang akan datang. Mengingat begitu pentingnya pendidikan, maka para calon pendidik diharapkan dapat mengetahui dan memahami proses perkembangan peserta didik yang meliputi perkembangan intelek, emosional, moral, sikap, sosial, dan disiplin yang terdapat pada peserta didik. Dalam hal ini akan membahas mengenai perkembangan disiplin peserta didik.
Disiplin merupakan salah satu faktor yang sangat diperlukan oleh anak dalam perkembangannya khususnya dalam keseimbangan orang tua di dalam mengasihi anak. Dimana ada kasih, harus ada disiplin. Dalam suatu masyarakat sekolah, anak sebagai peserta didik harus mampu mengendalikan keinginan-keinginan pribadinya masing-masing, dengan kata lain mereka harus mengikuti dengan baik tata perilaku yang telah ditetapkan oleh sekolah. Keterampilan siswa dalam mendisiplikan diri dengan baik merupakan hal penting bagi mereka, namun tingkat disiplin setiap siswa dalam mengembangkan penerimaan dan kepatuhan tehadap peraturan sekolah berbeda-beda.
....
1.1  Rumusan Masalah
1)      Apakah pengertian dan perkembangan disiplin?             
2)      Apa saja unsur, fungsi, dan jenis-jenis disiplin?

1.3 Tujuan Penulisan
1)      Penulis dapat menjelaskan tentang pengertian perkembangan disiplin.
2)      Penulis dapat menjelaskan tentang unsur, fungsi, dan jenis-jenis displin


BAB II
ISI

2.1. Pengertian Disiplin
a). Pengertian Disiplin Secara Umum
Kedisiplinan berasal dari kata disiplin. Istilah disiplin berasal asal dari bahasa latin disciplinayang menujuk pada kegiatan belajar dan mengajar. Sedangkan istilah bahasa inggrisnya yaitu ‘discipline” yang berarti 1) Tertib, taat atau mengendalikan tingkah laku, penguasakan diri, 2) latihan membentuk, meluruskan atau menyempurnakan sesuatu, sebagai kemampuan mental atau karakter moral; 3) Hukuman yang di berikan untuk melatih atau memperbaiki; 4) Kumpulan atau sistem-sistem peraturan-peraturan bagi tingkah laku (Mac Milan dikutip oleh Tu’u Tulus, 2004:20).
Disiplin pada dasarnya kontrol diri dalam mematuhi aturan baik yang dibuat oleh diri sendiri maupun diluar diri baik keluarga, lembaga pendidikan, masyarakat,bernegara maupun beragama. Disiplin juga merujuk pada kebebasan individu untuk tidak bergantung pada orang lain dalam memilih, membuat keputusan, tujuan, melakukan perubahan perilaku, pikiran maupun emosi sesuai dengan prinsip yang diyakini dari aturan moral yang anut. 

[download selengkapnya]


No comments:

Post a Comment